Selasa, 02 April 2013



Manfaat Masker Tomat untuk Wajah
Tomat atau yang dalam ilmu biologi diberi nama Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum, merupakan tumbuhan yang kabarnya berasal dari Amerika Tengah/Selatan, Peru dan juga Meksiko. Tomat digolongkan ke dalam famili Solonaceae. Siklus hidupnya singkat dan hanya mampu tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Dalam silsilah ilmu pengetahuan, tomat kabarnya masih kerabat dari kentang. Di Indonesia, tomat paling populer dimanfaatkan sebagai bahan sambal yang nikmat. Istimewanya lagi, selain nikmat, ternyata tomat juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Tidak heran jika di luar sana, ada banyak produk kecantikan yang menjadikan tomat sebagai bahan baku utama. Salah satu produk tersebut adalah masker tomat. Manfaat masker tomat untuk wajah memang luar biasa. Tak percaya? Simak informasi berikut.


Kaya Akan Likopen

Dalam buah tomat, ditemukan kandungan zat bernama likopen yang sangat baik bagi kulit. Likopen sendiri terbukti sangat efektif sebagai anti-oksidan. Selain itu, secara klinis, likopen juga terbukti baik untuk mencegah kangker dengan cara menghalau efek radikal bebas asap rokok, sinat ultra violet dan polusi. Dalam kondisi tertentu, likopen juga ampuh untuk menghambat pertumbuhan pigmen di kulit sehingga tampilan kulit jauh lebih cerah. Likopen sebenarnya bisa didapatkan dari bermacam buah. Tetapi, tomat merupakan pilihat yang terbaik.

Masker Tomat

Manfaat masker tomat untuk wajah cukup banyak, antara lain menghalau kelebihan minyak, memelihata keremajaan kulit, menyegarkan, melindungi kulit serta mencerahkannya. Jika Anda menginginkan kepraktisan, masker tomat kemasan bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko kosmetik. Tetapi, bagi Anda yang menyukai segala hal yang alami dan tak takut repot, meracik masker tomat adalah pilihan yang tepat.

Cara Meracik Masker
Untuk menghaluskan wajah, Anda cukup mengaplikasikan air perasan tomat ke wajah Anda yang telah dibersihkan. Biarkan mengering di wajah dan kemudian basuh dengan air. Lakukan langkah ini setiap harinya. Sedangkan bagi Anda yang ingin melenyapkan minyak berlebih di wajah, caranya sebagai berikut :
·    Siapkan 1 buah tomat dan 3 sdm maizena.
·    Haluskan tomat tersebut dan kemudian campur dengan tepung maizena sampai menjadi adonan pasta.
·    Balurkan secara merata pada wajah dan diamkan paling sedikit 15 menit.
·    Setelah 15 menit, atau setelah masker tomat mengering, basuhlah dengan air hangat suam-suam kuku. Setelah itu, tutup pori-pori dengan cara membasuh air es.

Kombinasikan Dengan Bahan Lainnya
Sebenarnya, buah tomat bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya seperti telur, minyak zaitun, susu dan masih banyak lagi. Semuanya tergantung kebutuhan Anda. Misalnya saja Anda ingin mengurangi minyak dan mengencangkan kulit, ada baiknya Anda mencampurkan tomat halus dengan putih telur. Kombinasi kedua bahan ini akan bekerja lebih efektif, sebab putih telur juga dikenal baik untuk mengencangkan kulit. Manfaat masker tomat untuk wajah juga bergantung pada ketelatenan Anda. Karena semua unsur alami memang memakan waktu kerja lebih lama ketimbang kosmetik berbahan kimia. Jadi, rajin dan bersabar adalah kunci menuju kulit cantik dengan tomat.
sumber:http://infobuahtomat.blogspot.com/2012/09/manfaat-masker-tomat-untuk-wajah.html

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail