Selasa, 02 April 2013
Manfaat Kulit Buah Manggis :: Manggis Atau nama latinnya Garcinia Mangostana merupakan tumbuhan tropika malar hijau. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari wilayah asia tenggara dan tumbuh baik di wilayah lembapan tinggi dgn kadar hujan 180-250 cm pertahun.
Tanaman ini dikenal karena mempunyai buah yang berwana ungu pekat dan rasa buah yang manis menyegarkan. Buah manggis dikenal juga dengan julukan “ratu segala buah”.
Dari beberapa hasil penelitian, ditemukan bahwa buah manggis terutama kulit buahnya kaya dengan 40 dan lebih bahan Xanthones yg merupakan sejenis super antioksida. Selain itu, dalam buahnya terkandung juga cathechins, polikasanida, dan polyphenols sebagai bahan anti bakteri dan antikulat, Zat lainnya yg terdapat dalam buah manggis yaitu Vitamin C, BI & B2, niasin, zat besi, protein, kalsium, serat fiber, dan lainnya. sehingga dengan kandungan yg dimilikinya, buah ini layak digolongkan kedalam salah satu tanaman obat.

Manfaat kulit dan buah manggis bagi tubuh.

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Zat-zat yg terkandung dalam kulit dan buah manggis sangat bermanfaat untuk tubuh. Antara lain :
1. Senyawa xanthone dalam kulit manggis
Xanthone adalah zat anti oksidan yg dapat melawan radikal bebas yang merugikan. Xanthone memiliki sifat antidiabetes, anti peradangan, anti kanker, anti fungi, anti plasmodial dan dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Manfaat Kulit manggis sebagai anti kanker terletak pada ekstrak kulit yang bersifat antiproliferasi  untuk menghambat tumbuhnya sel-sel kanker , dan bersifat apoptosis sebagai penghancur sel kanker.

2.Zat anti oksidan dalam buah manggis.
Zat anti oksidan yang terkandung dalam buah dapat menghambat proses penuaan pada tubuh. Dengan adanya zat ini, maka sel-sel tubuh yang rusak akan selalu diperbaiki sehingga orang yg mengkonsumsinya akan selalu terlihat awet muda.

Manfaat buah manggis lainnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata bila dikonsumsi secara rutin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar nutrisi amerika, Buah manggis dapat meningkatkan kesehatan mata, gigi, kulit, dan rambut. Buah manggis juga berperan penting dalam proses penyerapan serta metabolisme protein dan karbohidrat sehingga stamina tubuh tetap terjaga.

Tapi dalam mengkonsumsi buah manggis terutama bagian kulitnya harus sesuai aturan. Perlu diketahui juga, dalam kulit manggis terkandung kadar resin, serat kasar, tanin, serta komponen lainnya yg tidak dpt dicerna dengan baik oleh tubuh pada kadar tinggi.
sumber:http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/2012/12/manfaat-kulit-buah-manggis.html

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail