Kamis, 10 Januari 2013

TEMPO.CO Jakarta:Pemerintah DI Yogyakarta akan mulai membangun Museum Budaya Merapi di kawasan Hargobinangun, Sleman, pada pertengahan tahun ini. »Anggaran pembangunan fisik dari pusat sudah disetujui senilai Rp 95 miliar,”  kata anggota DPRD DIY Nursasmito kepada Tempo Kamis, 10 Januari 2012.
Museum itu memakan biaya total Rp 99 miliar. Pembebasan lahan seluas 2 hektar menghabiskan dana Rp 4 miliar yang ditanggung provinsi DIY. Nur mengatakan museum yang diproyeksi sebagai museum terbesar Yogyakarta itu mulai beroperasi pertengahan 2014.
Pemerintah Yogyakarta sedang membuat rancangan utama atau masterplan dan detail desain teknis bangunan. »Sekitar lima bulan dari sekarang targetnya sudah mulai dibangun dan beroperasi 2014,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.
Kepala Seksi Museum Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta Budi Husada mengatakan Museum Budaya Merapi berbeda fungsi dengan Museum Gunung Api Merapi. Museum Gunung Api Merapi banyak menyoroti vulkanologi maupun geologi gunung merapi. Museum Budaya Merapi lebih memuat koleksi dan informasi aspek sosial budaya diantaranya menyangkut dokumentasi kehidupan, budaya-tradisi, mitos seputar kultur lereng Merapi.
Sejumlah peninggalan berharga dari mantan juru kunci Merapi yang meninggal kala erupsi 2010 silam, Mbah Maridjan, rencananya akan diboyong sebagai isi museum.
Selain Museum Budaya Merapi, pemerintah DIY akan membangun museum lain yakni Museum Pleret di Kecamatan Pleret, Bantul. Museum ini dibangun guna menampung peninggalan sejarah kerajaan Mataram kuno di Pleret. Kecamatan di Bantul ini pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Mataram, selain Kotagede dan Keraton Yogyakarta.
PRIBADI WICAKSONO

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail