Senin, 05 Agustus 2013
Ghiboo.com - Walaupun masih beberapa hari lagi, semangat lebaran dan mudik sudah terasa lho.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik, sebaiknya menjaga kondisi tubuh. Apalagi, jika Anda menggunakan angkutan umum.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Premiere Bintaro, dr. Bahdar T. Johan, SpPD, mengingatkan ada tiga penyakit yang sering kali menyerang pemudik selama perjalanan.

Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan)

Infeksi saluran pernafasan menjadi serangan penyakit tertinggi saat mudik. Hal ini disebabkan adanya kontak langsung dengan banyak orang di tempat tertutup terutama bagi Anda yang menggunakan angkutan umum.

Kondisi ini memungkinkan kuman berpindah dari satu orang ke orang lain dengan mudah. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan debu, baik yang terisap langsung maupun menempel di makanan.

Diare

Kuman-kuman yang menempel di pegangan bis, kereta api bahkan WC umum menjadi penyebab timbulnya diare jika tangan tak segera dicuci menggunakan sabun. Selain itu, jaga juga makanan yang dikonsumsi selama perjalanan.

Infeksi saluran kemih

Dr. Bahdar mengungkapkan bahwa kebanyakan penyakit ini diderita perempuan. Kondisi ini wajar mengingat banyak perempuan yang cenderung memilih menggunakan WC bersih.

Selain itu, Dr. Bahdar juga mengingatkan agar mengecek kualitas air WC umum, karena kuman di air (E. Coli) menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kemih.
sumber:http://id.she.yahoo.com/waspadai-serangan-penyakit-selama-mudik-040000318.html

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail