Kamis, 15 Agustus 2013
Tanya:
Saya wanita berusia 23 tahun, tinggi badan 169 cm, berat badan 48 kg. Selama ini saya selalu berusaha diet untuk menggemukkan badan, tetapi saya mengalami kesulitan. Frekuensi makan saya sebanyak 3 kali dalam sehari dengan porsi sedang. Terkadang memang jam makan kurang teratur dikarenakan pekerjaan, tetapi frekuensi tetap saya usahakan minimal 3 kali dalam waktu yang berbeda. Susu selalu saya konsumsi minimal 1 gelas perhari. Tidur malam kurang lebih 6-7 jam perhari.

Dari segi kesehatan, saya tergolong sehat karena tidak mempunyai riwayat penyakit seperti TBC, asma, maupun penyakit lainnya. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara diet yang tepat agar berat badan saya segera naik?
Karena saya terlihat sangat kurus dan hal ini sangat membuat saya kurang PD. Apa mungkin saya cacingan?

Linda


Jawab:
Halo Linda,

Indeks massa tubuh anda memang termasuk berat badan kurang. Ukuran ini dinilai berdasarkan berat badan dan tinggi badan.

Berat badan yang kurang bisa disebabkan karena tingkat metabolisme yang tinggi akibat aktivitas yang meningkat, asupan makanan yang kurang, dan adanya penyakit penyerta. Penyakit yang saya maksud seperti cacingan, diabetes, gangguan thyroid, serta penyakit kronis lainnya.

Pada kasus Anda, sebaiknya ubah dulu pola hidup Anda dengan cara:

- Naikkan asupan kalori hingga 2200 kalori perhari. Kalori didapatkan dari karbohidrat (seperti nasi, roti, kentang), protein (seperti susu, ayam, daging, telur dan kacang-kacangan), lemak (hindari lemak trans yang sering terdapat pada fastfood).
- Minum susu 3 kali sehari
- Air putih 2 liter perhari
- Olahraga secara teratur, 3-4 kali seminggu selama 30 menit. Olahraga bisa seperti berjalan pagi.
- Cukup tidur
- Hindari stress.

dr. Fresia JuwitasariJika dengan cara di atas berat badan Anda tidak naik, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Karena selama tidak ada penyakit penyerta, Anda seharusnya bisa menaikkan berat badan.

Semoga membantu.


dr. Fresia Juwitasari
www.meetdoctor.com

sumber:http://id.she.yahoo.com/agar-berat-badan-cepat-naik-070432047.html

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail