Kamis, 15 Agustus 2013
Tanya:
Akhir-akhir ini mata sebelah kanan saya sering sekali gatal, membuat saya harus menggaruknya dalam waktu yang relatif sering. Saya tahu tidak baik untuk trus menguceknya, tetapi rasa gatalnya membuat saya tidak nyaman. Awalnya saya pikir karena pemakaian kosmetik di mata, namun setelah beberapa minggu saya hentikan, efeknya tetap sama. Apa penyebab gatal ini ya, Dok? Apakah saya alergi atau terjangkiti penyakit tertentu? Sebelumnya saya tidak pernah alergi jenis makanan apapun, dan reaksi gatal ini hanya di mata sebelah kanan saja.
Riskiana, Denpasar

Jawab:
Dear Riskiana,

Mata merah dan rasa gatal di mata bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari paparan debu, alergi, kedinginan, angin atau sinar matahari, serta kosmetik.

Jangan menyembuhkan mata gatal dan merah dengan menggosok mata Anda. Hal tersebut justru akan menyebabkan peradangan yang lebih parah. Pasalnya, alergen atau bakteri akan terdorong lebih dalam di mata, sehingga rasa gatal semakin meningkat.

Untuk mengatasinya dapat dengan selalu cuci mata Anda dengan air segar dan bersih setelah pulang dari bepergian. Partikel debu dan polusi merupakan penyebab umum timbulnya mata merah dan gatal. Selain itu untuk membuat mata nyaman saat beraktivitas, dapat juga ditetesi air mata buatan agar mata tidak terlalu terasa kering dan gatal.

Mata bisa menjadi sensitif apabila Anda terlalu lama menatap layar komputer, sehingga dapat meningkatkan iritasi. Bila mata Anda berair atau gatal, hindari menggunakan komputer atau laptop. Jika Anda memang harus menatap layar komputer atau laptop, ambil waktu sebentar untuk mengistirahatkan mata Anda.

Dan bila Anda memakai lensa kontak, Anda pun harus selalu ingat batas waktu untuk menggunakan lensa kontak. Lensa kontak dapat mengakibatkan mata seperti terbakar karena mengeringkan retina. Gunakan kacamata sebagai penggantinya untuk melindungi mata dari iritasi akibat komputer.

dr. Margareta AmaliaBila tidak mengalami perbaikan, segeralah periksakan diri Anda ke dokter mata agar mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

dr. Margareta Amelia
www.meetdoctor.com

sumber:http://id.she.yahoo.com/penyebab-mata-sering-gatal-110045481.html

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail