Senin, 05 Agustus 2013
DREAMERSRADIO.COM - Mudik adalah salah satu rutinitas yang lekat dengan lebaran. Butuh stamina yang fit untuk melewati perjalanan panjang yang bisa memakan waktu seharian penuh. Mudik menjadi tidak menyenangkan apabila kamu rentan mengalami mabuk perjalanan.
Pemicu mabuk perjalanan bisa terjadi karena beberapa hal misalnya laju kendaraan yang ugal-ugalan sehingga menggojlok perut ataupun melakukan aktivitas membaca dan main game dalam kendaraan sehingga menyebabkan pusing dan mual.
Dilansir dari kompas health, mabuk perjalanan secara ilmiah terjadi ketika informasi yang dikirim oleh sistem vestibular yaitu pusat keseimbangan tubuh di telinga bagian dalam, dan indra penglihatan terhadap suatu gerakan diterima secara berbeda sehingga menyebabkan fungsi otak terganggu. Keadaan inilah yang menimbulkan reaksi mual dan muntah. Inilah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mabuk perjalanan :
Meminum obat anti mabuk
Sebelum memulai perjalanan ada baiknya mengkonsumsi obat anti mabuk. Selain mengatasi mabuk, obat ini juga dapat membuat lebih rileks dan nyaman untuk tidur saat perjalanan. Pilihlah obat anti mabuk yang seperti dimenhydrinate (Dramamine) dan diphenhydramine (Benadryl) karena kedua jenis tersebut menenangkan tubuh dalam perjalanan mudik.
Hindari membaca buku dan main games
Kedua aktivitas tersebut dapat memicu kepala menjadi pusing dan perut mual. Lebih baik melihat pemandangan jalan dari jendela mobil. Karena hal tersebut dapat menghindari mabuk.
Jangan mengkonsumsi makanan berminyak dan pedas
Sebelum bepergian hindari mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak. Penting juga untuk tidak makan dalam jumlah banyak sebelum bepergian. Hal ini membuat perut mudah kembung dan mual. Sebaiknya dalam perjalanan mudik siapkan snak kecil dan minuman  sehat untuk mengisi perut selama dijalan.
Sediakan ventilasi udara
Pergantian udara dari dalam mobil juga mencegah perasaan mual. Bukalah sedikit kaca mobil agar dapat bernafas lebih lega. Tujuan lainnya untuk mengurangi bau menyengat dalam mobil, dan mengganti udara yang pengap dengan udara yang lebih segar.
sumber:http://id.she.yahoo.com/tips-hindari-mabuk-saat-perjalanan-mudik-030000768.html;_ylt=ApBe5kC5wbMTkEszm0m3OPBv.rN_;_ylu=X3oDMTF2dWxmcXU0BG1pdANNb3N0IHBvcHVsYXIgU2hlBHBvcwM4BHNlYwNNZWRpYUJMaXN0TWl4ZWRNb3N0UG9wdWxhckNBVGVtcA--;_ylg=X3oDMTBhOWtzcTRsBGxhbmcDaWQtSUQ-;_ylv=3

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail