Rabu, 25 September 2013


Tahun Baru Korea (Korea: Seollal (설날) atau Gujeong (舊正) adalah hari pertama dalam kalender lunar (kalender Korea), oleh karena itu terkadang Seollal sering disebut Tahun Baru Lunar atau Lunar New Year. Seollal dianggap rakyat Korea lebih penting daripada hari tahun baru kalender Gregorian. Walaupun tidak terlalu populer, istilah Seollal juga berarti Yang-nyeok Seollal (양력설날, tahun baru kalender Gregorian) yang disebut Shinjeong (신정). DanSeollal ini juga merupakan salah satu perayaan besar di Korean selain hari raya Chuseok.
Tahun baru Korea jatuh pada tanggal yang sama dengan tahun baru Imlek, kecuali ketika bulan baru muncul antara jam 15:00 UTC (tengah malam waktu Korea) dan 16:00 UTC (tengah malam waktu Tiongkok). Dalam kasus ini (rata-rata terjadi 24 tahun sekali), bulan baru akan muncul “keesokan harinya” di Korea dibanding di Tiongkok, dan Seollal akan dirayakan sehari setelah Imlek di Tiongkok.

Jika membaca penjelasan dari wikipedia, ritual dan jumlah hari libur serta pakaian yang digunakan saat Seollal sama seperti hari raya Chuseok. Namun jika kita perhatikan hari saat perayaannya, jelas sekali berlangsung pada waktu yang berbeda. Untuk tahun ini, Seollaljatuh pada tanggal 14 Februari dan Chuseok pada tanggal 22 September nanti. 

Saat hari Seollal, pada pagi hari keluarga di Korea melakukan sebuah ritual yang dinamakanCharye. Namun ada juga keluarga di Korea sana yang melakukan tradisi memuat makanan dan kemudian membagikan makanan khas tahun baru yaitu tteokguk.

Setelah melakukan ritual Charye, selanjutnya mereka akan melakukan ritual yang dinamakan SebaeSebae adalah cara memberi hormat kepada orang tua atau kakek dan nenek pada hari tahun baru dengan cara membungkukkan badan (jika di Indonesia, terlihat seperti sungkem). Jika imlek menyebutkan Gong Xi Fat Choi saat mengucapkan selamat tahun baru, di Korea, anak-anak akan mengucapkan selamat tahun baru sambil membungkukkan badan kepada orang yang lebih tua “saehae bok manhi badeuseyo” (새해 복 많이 받으세요) yang artinya semoga mendapat banyak keberuntungan tahun baru. Dan kemudian orang tua akan memberikan angpao atau saebaetdon untuk sebutan di Korea kepada mereka.

0 comments:

Blog Archive

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail