Rabu, 25 Januari 2012
Indra Subagja - detikNews

Jakarta - Konferensi internasional anti korupsi telah ditutup. Poin-poin penting dihasilkan untuk pemberantasan korupsi di dunia. Salah satunya membentuk sekolah anti korupsi.

"Akademi antikorupsi pertama di dunia akan didirikan di Wina, Austria. Sekolah ini tentang segala hal yang terkait dengan penanganan atau pemberantasan korupsi. Dan akan dikelola dan bekerjasama dengan berbagai lembaga, termasuk interpol rencana akan beroperasi pada November 2009," kata juru bicara KPK Johan Budi dalam siaran pers, yang diterima detikcom, Kamis (9/10/2008).

Sekolah itu, lanjut Johan, seperti disampaikan Direktur Jenderal European Anti-Fraud Office, European Commission Franz Hermann Bruener sangat berarti penting dalam pemberantasan korupsi.

"Korupsi merupakan kejahatan transnasional yang menghancurkan semua sendi kehidupan manusia," ujar Bruener, seperti dituturkan Johan.

Konferensi anti korupsi ini digelar di Ukraina pada 3-6 Oktober 2008. Perhelatan yang yang ke-3 ini diikuti oleh 106 negara dan 13 organisasi internasional. Sedang Indonesia diwakili oleh 3 delegasi masing-masing dari KPK yakni Wakil Ketua KPK M Jasin, Kejaksaan Agung yakni Jaksa Agung Hendarman Supandji, dan dari Departemen Luar Negeri yakni Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Eddi Pratomo.

"Konferensi menghasilkan 27 butir poin, selain pembentukan sekolah juga penerbitan jurnal yang khusus membahas tentang antikorupsi dan anti pencucian uang," imbuh Johan.

Perhelatan lembaga-lembaga antikorupsi dunia ini juga dilakukan workshop yang dibagi dalam beberapa topik bahasan. Di antaranya adalah tentang Kerjasama Internasional di bidang asset tracing, korupsi di sektor swasta serta perlindungan saksi, ahli dan korban dalam tindak pidana korupsi.

IAACA merupakan asosiasi dari lembaga-lembaga antikorupsi dari berbagai negara di dunia. Setiap tahun ada pertemuan para anggota sekaligus media saling bertukar informasi dan pengalaman dalam pemberantasan korupsi.

"Pertemuan IAACA merupakan ajang bagi Indonesia, termasuk KPK didalamnya, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pemberantasan korupsi, termasuk menjalin kerjasama dalam bidang asset tracing yang merupakan agenda penting bagi pemberantasan korupsi di Indonesia," tandas Johan.(ndr/rdf)

http://www.detiknews.com/read/2008/10/10/030335/1017986/10/sekolah-anti-korupsi-akan-didirikan-di-wina

0 comments:

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku
Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail