Sabtu, 27 Oktober 2012
Serangan sebuah virus memang menjengkelkan, meski di komputerku gak ngaruh sama sekali -ya iyalah Linux gituu lhooo-. Hal ini seperti yang kualami saat flashdiskku terkena virus. Mungkin virus-virus tersebut telah lama bercokol di flashdisk, virus itu baru terdeteksi setelah masuk ke dalam pc temanku yang menggunakan windows xp. Dia sempat misuh-misuh karena aku telah membawa virus yang mematikan. Eitt... emange flashdiskku pembawa maut ya. Dengan menggunakan Linux Ubuntu aku cek flashdisk, gak ada tanda-tanda file yang mencurigakan. Dengan penuh ketelitian aku kembali melihat-lihat file satu persatu, biasanya seh file yang mencurigakan akan ada simbol gembok saat di explore di Linux Ubuntu. Tapi gak selamanya file yang ada gemboknya virus lho. Perlu kejelian untuk membedakan gembokan virus atau gembokan yang bukan virus. Setelah mencoba mengamati kembali ternyata di flashdisk banyak sekali bertebaran file-file berektensi .exe, tadinya aku mengira itu file ekseskusinya windows. Aku curiga karena banyak sekali file .exe yang ada, setelah diteliti dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya maka aku memproklamirkan diri bahwa telah ada virus di flashdisku. Virus yang menjangkiti flashdisk adalah jenis virus yang menggandakan semua folder dan merubahnya menjadi ekstensi .exe (Dibelakang folder ada tambahan .exe, misalnya folder gambar di gandakan menjadi gambar.exe) Pantes aja banyak sekali file .exe di flashdisk. Untuk membersihkan virus-virus tersebut aku menghapus secara manual file-file exe hasil karya virus tersebut. Dan kalopun gak aku bersihkan juga tidak ngaruh di Linuxku. Beresss??? Belum saudara-saudara sebangsa ..... Ternyata kalo flashdisk aku buka di windows beberapa folder gak terlihat saat di explore di windows, tersembunyi entah ke mana. Ini pasti kerjaan si virus juga. Sekarang bagaimana cara mengembalikan file yang di umpetin oleh viru??? Cara yang kutempuh untuk mengembalikan file yang hidden di windows, pertama kita bisa menggunakan lewat dos prompt. Melalui menu accesories, buka dos prompt. Di terminal dos ketik: "cd.." (tanpa tanda kutip) hingga muncul C: lalu ketikkan "attrib -R -H -S H:*.* /s /d" H: merupakan drive tempat folder yang mau ditampilkan kembali. Untuk masuk ke dos prompt bisa juga dengan cara start -> run -> ketik cmd Alhamdulillah dengan menggunakan cara tersebut diatas, folder-folder kembali bisa terlihat di windows. sumber:http://fauzinge.com/dokumentasi/mengembalikan-file-yang-disembunyikan-virus-hidden-file-/

0 comments:

About Me

Foto Saya
annisa
hidup adalah satu mangkuk penuh buah cherry. ada yang manis,ada yang kecut, ada yang hampir busuk. maka kita akan selalu untung-untungan dalam mencomot buah cherry itu. kata orang di amerika sana
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail